Selasa, 18 Juni 2013

Cerpen Remaja Gokil

                                          Created By ;
                                                                          Sansan Arya Munawar Prasetya
                              2013

“SEJUTA MAKNA DIBALIK KONYOLNYA HARI”
Kita tentu sering mendengar kata jujur dan kejujuran,ya itu memang ada di kehidupan kita. Masalahnya apakah kita sudah mempunyai sifat jujur dan kejujuran ini. Sebelum jauh kesana kita harus tahu dulu apa itu arti dan pengertian jujur dan kejujuran itu sendiri.
Jujur menurut saya yaitu sesuatu dimana sikap,perbuatan,perilaku  sesuai dengan apa yang seharusnya dan memang itu yang seharusnya dilakukan.
Kejujuran itu sendiri yaitu harga daripada jujur,dimana dengan jujur maka kejujuran itulah yang sedang kita lakukan.
Jika kalian perrnah dengar kalimat “JUJUR ADALAH MATA UANG YANG BERLAKU DIMANA-MANA” , ya itu memang dalam arti yang sebenarnya memang seperti itu , jelasnya jujur adalah sesuatu yang mempunyai arti dimanapun dia berada dan siapa atau bahkan negara manapun  mengakui dan menghargai setinggi-tingginya.
Nah sekarang Kenapa gua cantumin judul hari konyol dan kejujuran, itu karena gua punya cerita tentang itu.

Dan Cerita gua tentang jujur dihari ini adalah.....
Sungguh sial hari ini,sudah jatuh tertimpa tangga pula. Nampaknya pribahasa itu berlaku hari ini kepada gua , gimana engga coba sudah kesiangan dan terlambat ngampus derita gua ditambah dengan kuis fisika dadakan , surprize sich tapi surprizenya bikin jantung gua rame,untung aja gua ga mati konyol gara-gara jantungan.
Mo gimana lagi kan , nolak gak mungkin orang udah masuk kelas dan dosennya di depan mata juga idung pesek gua. Jalanin dengan penuh keringat aja lah , secara gua kan bukan pengecut masa iya kalah sebelum perang.(dengan so’ nya gua)...
“Jangan biasakan telat datang pada jam saya, itu akan memberatkanmu lulus dari mata kuliah ini, asal kamu tahu saja”, Ucap dosen Fisika dengan nada tinggi.
Gua Cuma bisa nunduk tanpa sepatah kata jawaban, karena gua fikir itu yang terbaik untuk dilakukan. Yah memang udah seharusnya gua sial hari ini mungkin , mahasiswa yang terlambat seperti biasa duduknya dipisah sendiri , mo gimana lagi gua pasrah aja dan jalani semua.
“Pisahkan posisi dudukmu dipojok depan sana, agar kamu mengerti arti waktu”,tambah Dosen fisika masih dengan amarahnya.
Benar dugaan gua soal yang keluar pasti yang gua ga pernah ngerti penyelesaiannya , yaudah melongo deh tuh sejam penuh kaya orang bego , ya dasarnya juga dah bego sich gua mah.jhaha,,,
Ngeliat temen gua yang lain pada sibuk saling kerjasama tengok kiri kanan dan pada asik sendiri cuntak-contekan dibelakang , nah gua mo nyontek ke mana dan ma siapa secara gua kan mahasiswa mandiri , yang duduknya sendiri maksudnya...masa iya gua harus kerjasama sama tembok, kan gak lucu..
Waktu penyelesaian semakin mepet aja ,sementara gua belom ngerjain satu soal pun. Dari situ gua mikir memang dalam keadaan terdesak seperti ini ga da yang bisa ngebantu atau nolongin gua ya selain diri gua sendiri , ya udah ga banyak gaya lagi gua coba kerjain aja tu soal semampu gua dan loe pasti tau dong hasilnya seperti apa...yupz gua ga ngerjain soal satupun , orang semua soal ga gua ngerti..
Udah dech singkat kata singkat cerita gua pasrah dengan keadaan , memang mo gimana lagi gua ga bisa ngerjain , nyontek udah ga mungkin udah aja gua kumpulin kertas jawaban yang isinya cuma biodata gua...
Eittt tapi jangan  salah sob , flash back ke sejam sebelumnya saat gua sedang melongo mikirin gimana cara dan jalan keluar ngisi soal, yang terfikir oleh gua malah buat puisi sob...emang dasar gua jiwa penulis dan puitis kali ya ,hehe.. dan disaat itu juga gua buat tuh puisi di belakang kertas jawaban gua , harapan nya sich sederhana , mudah-mudahan aja dengan gua buatin puisi si ibu dosen bisa menegerti kalo gua surprize dengan soal yang dia beri dan dia bisa menghargai puisi gua sebagai pengganti  jawaban soal itu, amiiin ya alloh...jhaha
Tapi setelah gua selesai jam quiz fisika itu gua ngerasa ada nilai yang tersirat dari kejadian tadi sob , ayo loe pada bisa nebak ga apa makna dari kejadian tadi ???
Ini serius sob , gua ngerasa seperti jadi orang yang bener aja , maksud gua gua ngerasa udah ngelakuin sesuatu yang memang seharusnya gua jalaninnya seperti itu...
Hayooo ,,, bingung kan loe dengan kata-kata gua...ya iyalah loe semua pasti bingung secara gua kan gunain kata-kata puitis, jhaha...
gini sob jelasnya, entah kenapa gua ngerasa bangga dengan diri gua sendiri , gua ngerasa senang aja pas gua selesai kuis itu dan ini ga gua rasain di kuis-kuis sebelumnya ataupun setelah gua berhasil nyelesaiin kuis-kuis sebelumnya yang memang gua selesain dengan cara yang salah , apalagi kalo bukan dengan nyontek dan liat pengerjaan temen pintar gua... (jangan ditiru ya sob)
Ya walaupun hasil dari kuisnya itu sendiri udah ketebak pasti jebol,,tapi gua bangga karena gua bisa nahan bisikan syetan dan hawa nafsu gua untuk meninggalkan kebiasaan lama dan buruk gua(bukan so’ religius)..dan dari sini juga gua ngerti betapa pentingnya menghapal dan belajar(pentingnya ilmu dalam hal ini)...
Coba aja kalo gua rajin belajar dan udah punya ilmunya,,mo datang ke kampus terlambat,mo ada kuis dadakan,mao duduknya dipisahin sendirian juga pasti ga kan jadi masalakh kan..secara gua dah pasti PD dengan ilmu gua dan gua yakin pasti bisa nyelesain itu kuis....ga bakalan kejadiannya kaya gini...
Satu lagi pelajaran yang dapat gua ambil,,kejujuran sob...ternyata memang sulit kita menerapkan kejujuran di kehidupan sehari-hari...dan betapa bangganya gua bisa jujur hari ini...
walaupun emang seharusnya kejujuran gua dibarengi dengan ke-PD’an yang gua dapet dari skill,,kemampuan dan ilmu yang seharusnya gua punya dari belajar...
Yesss gua janji akan meneruskan kejujuran ini di hari-hari berharga selanjutnya...dan gua janji gak kan pernah gagal lagi dalam kuis sialan selanjutnya,,,,

Do’a terakhir gua dihari ini...”Ya Tuhan moga saja dengan kejujuran gua tadi,ibu dosen dibukakan hatinya , bisa bijak dan menghargai PRAKTEKUM JUJUR hamba-Mu yang hina dihari ini...”(amiiiinnn ya allohhh....)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar